Ayuk mengenal Islam #part1

Yuk mengenal islam!

Apa sih itu “islam”? Islam adalah agama yang dibawa/disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW atas perintah dari Allah SWT sebagai petunjuk dan kebahagiaan bagi manusia.
Untuk lebih jelasnya saya tambahkan kisah berikut,
Ada sebuah hadits menceritakan, bahwa suatu hari Sahabat1) Umar bin Khattab bersama sahabat lainnya duduk bersama Rasulullah(utusan Allah) tiba-tiba ada seorang lelaki yang sangat putih pakaiannya dan sangat hitam rambutnya tidak seperti orang yang habis bepergian dan tak ada satu orang pun yang mengenal dia. Kemudian lelaki itu duduk dihadapan Rasulullah dan mendekatkan kedua lututnya pada lutut Rasulullah dan meletakkan kedua telapak tangannya pada paha Rasulullah. Kemudian terjadi percakapan antara lelaki itu dengan Rasulullah,
Lelaki itu : ”Ya Muhammad, ceritakan padaku tentang hakikat islam!”
Nabi : ”Islam itu adalah bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan sholat, dan menunaikan zakat, puasa ramadhan, dan haji di baitullah jika sudah mampu ke baitullah2)”
Lelaki itu : ”Engkau benar”
Dan para sahabat pun kaget, siapa lelaki itu? Mengapa ia bertanya sekaligus membenarkannya?
Lelaki itu: ”Ceritakan kepada ku tentang iman!”
Nabi : ”Iman itu percaya dan menyatakan(baik lisan, hati, dan pikiran) adanya Tuhan(Allah) beserta sifat-sifat-Nya, adanya malaikat-malaikat yang diciptakan oleh Allah, kebenaran kitab-kitab Allah3), diutusnya para rasul, akan datangnya hari kiamat, dan adanya takdir baik maupun buruk”
Lelaki itu :”Engkau benar”
Lelaki itu: ”Ceritakan kepadaku apa itu ihsan!”
Nabi : “ihsan adalah ketika engkau menyembah Allah seakan-akan engkau melihat Allah jika tidak seperti itu, selanjutnya engkau merasa Allah itu melihatmu"
Lelaki itu : ”Engkau benar”
Lelaki itu : ” Kapan kiamat itu terjadi?”
Nabi : “Tidak ada yang mengetahui kapan pastinya kiamat itu terjadi”
Lelaki itu : “Kalau begitu ceritakan kepadaku tanda-tanda terjadinya kiamat itu!”
Nabi : “Ketika budak melahirkan majikan4), orang orang bersaing dalam membangun bangunan”
Kemudian lelaki itu pergi, setelah beberapa saat Nabi berkata : “Wahai Umar taukah engkau siapa tadi?"
Umar : “Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui itu”
Nabi : “Sesungguhnya lelaki itu adalah Malaikat Jibril untuk memberi pelajaran kepada kalian semua tentang agama”

Dari kisah ini kita tahu bahwa apa yang dikatakan agama terdiri dari tiga hal yang tidak terpisahkan yaitu : islam, iman, dan ihsan. Jika seseorang telah menjalankan tiga hal itu maka sempurnalah agamanya.

Keterangan :
1 )Sahabat adalah  seseorang yang hidup pada zaman Nabi Muhammad, pernah bertemu dan beriman pula atas kerasulan Nabi Muhammad SAW
2 )Maksud mampu disini adalah mampu secara jasmani rohani untuk melakukan perjalanan ke baitullah tanpa adanya halangan seperti : ongkos pulang pergi, kesehatan fisik dan psikis, amannya jalur menuju ke sana
3)Kitab-kitab Allah adalah firman Allah. Semua berjumlah empat : Taurat, Zabur, Injil, Alquran. Selain itu juga ada firman Allah berupa lembaran-lembaran seperti Mushaf Nabi Ibrahim.
4) Budak melahirkan majikan maksudnya adalah jika anak sudah berani kepada orang tua menganggap dirinya sebagai majikan sehingga membentak dan suka menyuruh nyuruh orang tua.


Sumber
المبادى الفقهيه الجزء الاول
الاربعين النووية

Comments

  1. Terimakasih kak ilmunya... Barakallah🤲🤲🙏😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mengunjungi dan membaca blog kami, anda dapat menambahkan menyanggah materi dikolom comment ini.

      Delete
  2. Terima kasih telah berbagi ilmunya, penjelasannya menarik dan mudah dipahami. Mungkin sedikit saran, nomor untuk tanda penjelasan dikasih kurung atau bintang, jadi pembaca tidak bingung dengan maksud angka di tengah" kalimat. Terima kasih

    ReplyDelete

Post a Comment